Flowplayer: Generasi Baru Flash Video Player web desain grafisSaat ini begitu banyak sekali web video player yang berbasis flash, salah satunya yang sering Anda lihat di youtube. Berbagai macam jenisnya, ada jw player, ada video lightboxgdd flv playermc media player, dan lain-lain sebagainya.
Para developer web biasanya menggunakan video player berdasarkan fungsi dasarnya, yakni memutar flv file, atau streaming video file. Namun karena banyak kebutuhan yang tadinya hanya memutar video streaming saja, kini fitur seperti subtitle multi bahasa juga dibutuhkan ketika akan memutar video streaming tersebut. Sehingga kini, kita tidak hanya dapat melihat video yang sedang berputar, bahkan terjemahannya pun sudah disediakan. Fitur-fitur seperti itu kini menjadi teramat sangat dibutuhkan.
Media player dengan subtitle biasanya lazim ditemui di aplikasi desktop, ambilah contohnya misalnya file srt yang digunakan untuk media player seperti K-Lite media player, yang juga dapat digunakan di VLC media player, dan kini pun file srt dapat digunakan untuk subtitle web video streaming player. Salah satunya flowplayer sudah mengadopsi fitur ini.
Ya, flowplayer, yang menurut penulis merupakan flash video player untuk web urutan pertama yang kaya fitur, mudah konfigurasi, mudah kostumisasi, dan tentunya free free free.
Flowplayer pun memiliki banyak plugin untuk dikostumisasi, baik itu flash plugin, maupun javascript plugin membuat flowplayer jadi lebih kaya fitur.
Oke, bagi Anda yang ingin melihat demonya silahkan klik di sini …
http://flowplayer.org/demos/index.html
Untuk melihat contoh video dengan memanfaatkan srt file subtitle :
http://flowplayer.org/demos/plugins/flash/captions.html
Dan silahkan download di sini
http://flowplayer.org/download/index.html

Ya selamat mencoba flowplayer.

0 komentar